13 Sept 2012

Hari pertama ku masuk kuliah di semester 5,

Hari ini kuliah malam jam 19.15-21.05 dengan  matakuliah kalkulus, matakuliah ini saya ulang lagi dengan mahasiswa baru semester 1 karena menurut saya nilai ini tidak cocok untuk matakuliah yang notabene memiliki bobot 4 sks, mungkin dulu saya terlalu meremehkan semua matakuliah yang tidak berbau dengan computer, ternyata saya salah besar, dari kalkulus sendiri sangat berpengaruh dikehidupan ku untuk mempertajam tentang logika berfikirku.

Kali ini dosen juga lebih baik menurutku, karena mungkin lebih friendly aja kali yah, nama nya Pak Arief Ikhwan Wicaksono, M.Cs ini tweet nya @awik1212, semoga kedepan kalkulus lebih baik aamiin..

14 Sept 2012

Hari keduaku masuk kuliah di semester 5,

Sama seperti kemarin, hari ini jum’at masuk kuliah malam tepatnya pukul 18.15-21.05 matakuliah Metode Statistika, wah ternyata semakin keatas tantangan semakin berat tapi tak jadi masalah kalau 2 jam itu cukup untuk belajar tiap harinya, meskipun bobot sks nya Cuma 3 tapi sepertunya aka nada praktikum menggunakan SPSS, makanan apaan tuh, belum pernah nyentuh bahkan megang mouse buat buka program itu, ya mungkin Cuma 1 kalimat lagi “belajar 2 jam cukup untuk sehari” semoga mata kuliah ini mendapatkan pengetahuan yang baik dan berguna untuk penelitian ku besok saat akan mengerjakan Tugas Akhir, meskipun disini ketemu lagi Dosen Semester 3 yaitu Matematika Diskrit dengan Pak M. Nu’lin.

15 Sept 2012

Hari ketiga ku masuk kuliah di semester 5,

Tepat pukul 07.00 pagi harus sudah sampai kelas, karena lagi-lagi karena kekuranganku jadi mengulang untuk matakuliah Aljabar linier bobot 2 sks, dan akhirnya lagi ketemu Dosen kemarin di Semester 4 yaitu Pak Landung Sudarmono, yang ngajar Riset Operasi, orangnya tertib banget , telat berapa menitpun harus maju didepan dengan memperkenalkan diri, meminta maaf karena mengganggu teman yang lagi belajar dan meminta maaf karena terlambat, semuanya harus menggunakan bahasa Arab atau Bahasa Inggris,

Sebenarnya saya malu untuk mengulang matakuliah ini, bukan karena gak bias tapi saya sekelas dengan adik angkatan, yang mana nanti setelah kuliah ini saya jadi asisten praktikum Pemrograman Visual di Lab, bias gak bias saya harus bias, itu kata My Lovelly.

Untungnya hari ini belum mulai untuk praktikum,jadi masih ada hari esok untuk menguatkan mental sebagai asisten,. J

Sebenarnya tadi pukul 12.30 ada kuliah lagi cuman perut ini udah mulai bunyi (laper), jadi saya putuskan untuk pulang kekos dan makan dibelakang kos, tapi malah ketiduran abiz makan jadi kuliah ku jadi telat, aku berangkat jam 13.22 dari kos, untung katanya tadi dosenya juga telat, jadi no problem deh,

Wah ternyata di Jaringan Komputer itu masih sama kaya pelajaranku dulu di SMK, mungkin ini masih dasar, dan sebagai penyemangat hari itu juga dikasih tugas buat minggu depan yaitu men_Trace sebuah alamat ip (website) dan menginstal aplikasi    untuk menunjang matakuliah yang berbobot 4 sks ini.

Semoga hari ini menyenangkan dan bermanfaat buatku..

17 Sept 2012

Hari keempat ku masuk kuliah di semester 5,

Kuliah jam pertama adalah Islam dan Sains, dengan dosen setia Pak Nurrohman, M.Kom tepat jam 15.30 yang tadinya ruang di lantai 3 ahirnya dipindah ke lantai 1 ruang 103, untunglah lumayan bias hemat tenaga daripada naik ke lantai 3 capek L, matakuliah ini katanya sih tidak terlalu penting tapi ini yang mendasari dari sebuah kampus bernama UIN yang tadinya IAIN, karena perkembangan yang pesat maka terbentuklah fakultas sains, disini diharapkan fakultas sains dapat men-integrasikan dan meng-interkoneksikan antara perkembangan teknologi dan budaya islam di dunia. Semua yang ada didalam sains banyak yang pro dengan islam (al-qur’an), ternyata sudah pukul 17.10 waktunya selesai perkuliahan Islam dan Sains ini.

Istirahat untuk sholat Mahrib di Masjid Kampus…..

Pukul 18.15 waktunya untuk masuk matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer dengan Dosen Pak Auliah Faqih Rifa’I, M.Kom. tapi kali ini aku gak bias masuk tepat waktu karena harus makan malam dulu setelah sholat maghrib tadi, alhasil pukul 18.45 baru bisa masuk kuliah, kebetulan matakuliah ini aku ikut kelas sebelah Karen kalau ikut kelas K bentrok dengan kalkulus pada hari rabu, tapi gak apa-apa toh sama aja dosennya dan teman-teman juga banyak yang masuk kelas L ini,

Diawal perkuliahan diberi tugas untuk mengamati Design HP masing-masing, dan kebetulan aku menggunakan HP dengan design keypad QWERTY jadi kita dikelompokkan berdasarkan jenis HP, disini kita disuruh untuk mengetahui mengapa HP tersebut memiliki design tersebut, mengapa tidak seperti ini itu?? (pengennya sih jawab “ terserah PRODUSEN nya lah” tapi ga enak aja J.) ahirnya dari kelompok HP QWERTY memiliki jawaban “ Bahwa mungkin alasan produsen memproduksi HP type QWERTY pada keypad nya adalah untuk meng-evolusi dari keyboard computer salah satunya”, namun ditanya kembali kenapa harus QWERTY? Ko tidak yang lain? Jawab aja, kalo pake tombol yang 1 tombol memiliki >1 huruf; terlalu risih, banyak kesalahan teknis ( karena kesempatan pada user untuk mengetik lebih cepat, disitu tombolnya lebih sedikit, jadi seperti salah ketik gitu). Harusnya sih akan dipaparkan setiap kelompoknya didepan kelas namun sudah pukul 20.05 waktu perkuliahan selesai, dan akhirnya dilanjutkan minggu depan dengan tema yang sama,.

Hari ini abiz kuliah aku ga bisa langsung pulang karena harus nemenin temen yang sepeda motornya agak sedikit ngadat dari tadi jam 7, sambil bantu-bantu sedikit aku buka laptop dan memulai download aplikasi penunjang matakuliah Jaringan Komputer yaitu Wireshark, setelah motor selesai beres lagi aku pun masuk fakultas untuk melanjutkan download aplikasi tersebut didalam fakultas, dan selesai tepat pukul 21.00 sepertinya kampus sudah sepi dan aku harus cepet pulang ke kos,..

Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin……