Pada bahasan ini saya mencoba membuat remastering Linux custom sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

  • Pada bahasan ini kita menggunakan iso PCLinuxOS 2009 dan proses instalasi bisa di lihat pada pembahasan saya sebelumnya;
  • Silahkan anda masuk pada GUI kde dengan permission root;
  • Ini adalah tempat anda bisa melakukan modifikasi dan anda bisa eksplorasi lebih jauh

# /usr/share/bootsplash/ =Mengganti tampilan bootloader

ü /usr/share/gfxboot/ = Mengganti background boot grub loader

# /usr/share/apps/ksplash = Mengganti splash screen

# /usr/share/apps/kdm/ = Mengganti tampilan/picture ketika kita men-shutdown computer pada layar Login

# /usr/share/apps/ksmserver/pics = Mengganti tampilan / picture ketika kita men-shutdown computer pada Desktop

# /usr/share/apps/yakuake/default = Mengganti script default (ex Wallpapers,theme, etc )… ingat nama harus sama dengan yang diload script nya

# /usr/share/apps/kthememanager/themes = Mengganti theme manager

# /usr/share/wallpapers = Mengganti wallpapers / background

# /usr/share/pixmaps = Mengganti icons. Ex, icon toolbar, icon navigasi, icon aplikasi, etc.

# /root/.kde/share/icon/128×128/action/ = Mengganti beberapa icon pada toolbar ataupun tampilan start menu

Tips = untuk mengganti tampilan seperti gambar, icon, nama dan ukuran harus sama dengan yang asli (bawaanya), jadi anda bisa mengubah atau membuat gambar sesuai dengan selera anda. Kemudian mere-place yang asli. Dianjurkan ketika membuka gambar yang ingin diganti tersebut kita edit memakai grafik editor GIMP, ubahlah sesuai keinginan anda dan lakukan save replace.

Untuk hasil maksimal anda juga bisa mendownload di http://kde-looks.org seperti theme,wallpapers, splash, boot splash, etc. anda dapat menambah kebutuhan Linux dan mengubah tampilan GUI Desktop yang anda inginkan.

# Untuk yang laennya anda bisa eksplorasi lebih jauh dan bisa kita gunakan Compiz yang akan menambah kreatifitas anda dalam memakai sistem operasi Linux.

# Setelah selesai jangan lupa membuat tombol install. Agar system operasi yang anda bikin bisa diinstal di live cd yang akan anda bikin, caranya…

klik kanan didekstop → create new → link application → General anda bisa mengganti icon dengan icon installan dengan cara klik icon gambar, kemudian anda bisa memasukkan text missal, “install liveCD” → klik application → masukkan commandsdraklive-install

# Anda juga bisa menambahkan atau mengurangi aplikasi apa saja yang kira-kira anda butuhkan dan yang akan anda buang melalui systemadministration → synaptic packet manager dimana anda dapat mendownload semua module yang anda inginkan.

# Akhirnyaaa… system distro anda siap untuk dibuat ke file iso, tapi sebelumnya jangan lupa untuk membersihkan history, agar hasil kerja anda tidak ikut masuk menjadi file iso yang anda bikin. Biar keliatan lebih original..

# Membuat file iso, sebelumnya anda masuk ke konsole terlebih dahulu, caranya tekan ALT+F2 tulis konsole masuk sebagi root → ketik su → masukkan password

Tuliskan script seperti berikut ini…

--nodir ^/mnt/* --bootopt noagp --bootloader iso --splash verbose --fstab=rw,auto --md5sum livecd.iso

Livecd.iso bisa anda ganti dengan nama laen, misal remastering.iso

-nodir digunakan untuk membuat hasil remastering agar tidak memasukkan direktori /mnt. Karena di komputer saya, folder tersebut berisi file-file hasil mounting dari partisi lain.–bootopt digunakan untuk memasukkan parameter boot saat livecd.iso di start. Penggunaan noagp, diperuntukkan untuk membuat livecd kompatibel dengan semua VGA Komputer.

–bootloader digunakan untuk pemilihan grub yang akan diload oleh livecd. Pilihan ada 3 yaitu iso, grub atau usb. Aku memilih iso karena grub yang terinstall di komputer aku, bukan grub kepemilikan PC Linux OS.

–splash digunakan untuk tampilan boot screen.Pilihan ada 3 yaitu silent, verbose, no. Jika memilih silent maka boot screen yang akan tampil berbentuk progressbar, Jika verbose yang dipilih maka boot screen akan menampilkan seluruh proses yang berjalan saat booting, dengan background splashscreen, jika memilih no, maka tidak akan ada tampilan splash screen.

–fstab=rw,auto digunakan untuk mounting seluruh partisi harddisk yang ada saat proses booting berjalan.

–md5sum digunakan untuk memasukkan hasil md5 dari livecd.iso kedalam sio tersebut

# Tunggu proses sedang Berjalan, ini akan memakan waktu sedikit lama

# Setelah itu akan tercipta hasil livecd.iso atau remastering.iso sesuai dengan nama file yang anda masukkan tadi

# … atau kalau mau lebih simpel anda tinggal menuliskan mklivecd /livecd.iso danEnter

# kemudia ketik K3b applikasi untuk memburn iso tersebut. burn lah iso tersebut kedalam 1 DVD.

# Abrakadabra anda bisa melakukan booting dengan DVD tersebut dan akan melihat tampilan PCLinuxOS 2009 terbaru berdasarkan keinginan dan kebutuhan anda.

This is Open Source and no payment for software