Pemrograman C++ mempunyai beberapa aturan dan perintah dasar sehingga program dapat dikenali oleh compiler komputer alias tidak error, soalnya kalau error malah jadi ribet dan stress lagi…… haha…..untuk itu sekarang akan dibahas tentang aturan dan perintah dasar C++.

Aturan C++

Dalam pemrograman C++ tidak ada aturan khusus dalam penulisan seperti dalam java misalnya dalam java keyword dan variabel biasanya bersifat key sensitif sedangkan dalam C++ tidak, hanya saja variabel dan kostanta diharapkan sama dengan yang dideklarasikan.

Berikut beberapa aturan dalam C++

a. Penulisan setiap akhir dari baris source kode harus diakhiri dengan tanda titik koma (;), kecuali penggunaan file Header dan Deklarasi kostanta.

b. Untuk block source code harus diawali dengan tanda kurung kurawal { dan diakhiri dengan tanda tutup kurung kurawal }.

c. Untuk mendeklarasikan lebih dari satu variabel, variabel tersebut dipisah dengan tanda koma(,).

d. Untuk menambahkan pernyataan/komentar dalam source menggunakan tanda // untuk perbaris, sedangkan apabila banyak maka menggunakan blok /* diakhir pernyataan */.

e. Dalam suatu program C++ harus terdapat program utama atau main program, karena program akan dijalankan mulai dari main program.

Contoh Sederhana

Source Code

 

Output Program

 

Praprosesor : merupakan compiler untuk merubah source code kedalam bahasa mesin.